Google

Saturday, September 8, 2007

Mengapa Mempromosikan Bisnis Lewat Situs Pencari?

"Mengapa Mempromosikan Bisnis Lewat Situs Pencari?"

Oleh Bob Julius Onggo

(Artikel ini juga muncul di Majalah Warta Ekonomi edisi 16 Desember 2002)

Bagi banyak perusahaan di Indonesia, para pemimpin perusahaan dan manajer pemasaran menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai quota penjualan mereka. Namun kebanyakan dari mereka, walaupun sudah memiliki situs web korporat, namun kurang menyadari pentingnya promosi melalui bantuan situs pencari.

Walaupun 86% dari mereka sering mencari informasi melalui situs pencari. Dan kalau ditanya ke para penerbit majalah, para ahli riset, wartawan, pelajar serta mahasiswa, pasti kebanyakan dari mereka sekarang memanfaatkan media online ini untuk melengkapi bahan mereka di media offline.

Namun fakta-fakta yang akan saya beberkan di bawah ini akan memperlihatkan kepada Anda bahwa ini merupakan salah satu strategi promosi bisnis yang sangat efektif ditinjau ROI dari investasi yang dikeluarkan dan layak dimasukkan ke dalam bagian dari "marketing mix".

CyberAtlas melaporkan bahwa 24 persen dari bisnis maya yang disurvei menyatakan bahwa mayoritas dari pengunjung mereka berasal dari bantuan promosi situs pencari, yang artinya ¾ dari mereka mendapat manfaat dari hasil optimisasi situs pencari. Itulah sebabnya jika situs web Anda tidak dioptimisasi maka Anda kehilangan peluang untuk menarik pengunjung yang "targeted" ini.

Apa yang Mereka Cari di Internet?
Kemudahan, Kecepatan, dan informasi yang relevan. Bagaimana mereka menemukan apa yang mereka cari? Jupiter Media Metrix melaporkan bahwa 47 persen dari mereka yang berbelanja di dunia Internet memanfaatkan bantuan dari situs pencari (September 2001) - padahal data ini diambil lebih dari satu tahun lalu:

Sekarang coba perhatikan rata-rata dari waktu yang konsumen gunakan untuk mencari suatu informasi di situs pencari maupun direktori web.

Link dalam bentuk teks yang menempati suatu posisi atas di suatu situs pencari utama dapat mendatangkan kunjungan yang bersifat "targeted" ke situs Anda, yang dapat mendatangkan prospek dan akhirnya menjadi kastemer Anda.

Posisi yang bagus memang khususnya sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang menjual produk-produk dalam bentuk elektronik misalnya perangkat lunak. Namun sebenarnya bisnis apa pun dapat memperoleh manfaat yang serupa dari strategi pemasaran ini yang akan membantu memperpendek siklus penjualan Anda.

Manfaat dari Search Engine Optimization (SEO)
Situs pencari adalah suatu perangkat pemasaran yang ampuh layaknya suatu direktori bisnis offline saja seperti halnya yellow pages. Sangat efektif karena sifat dari pengunjung adalah "targeted". Prospek yang berkunjung ke situs Anda adalah karena mereka dengan aktif mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai produk dan jasa Anda. Jadi mereka sudah punya motivasi yang bagus apalagi ditambah setelah mereka mendarat di situs web perusahaan Anda.

SEO merupakan teknik pemasaran yang sangat terjangkau ditinjau dalam segi biaya. SEO bisa menjadi sarana membangun merek yang pada saat yang sama mendatangkan pengunjung ke situs web Anda.

Efektivitas dari Link berupa teks pada situs pencari melebihi iklan banner dengan perbandingan 3:1, demikian diberitakan oleh NPD Group.
SEO dapat menghasilkan tingkat konversi prospek ke kastemer yang cukup tinggi. Hasil dari analisa log file memperlihatkan bahwa para pengunjung yang datang melalui bantuan promosi situs pencari memiliki potensi lebih banyak dalam mendatangkan transaksi bisnis, registrasi dan download dari suatu perangkat lunak dibandingkan dari iklan banner, namun bersaing dengan email marketing berbasis Opt-In.

Tiga Contoh Kasus Menarik
Setelah para pengunjung yang "targeted" masuk ke situs web Anda, maka Anda harus siap menyambut mereka dengan isi yang baik dan informatif, dan penulisan penjualan yang menggugah serta follow-up yang harus Anda lakukan terhadap mereka.

Tiga contoh kasus bisnis di bawah ini (diambil dari www.b2bmarketingbiz.com membantu Anda memahaminya.

Perusahaan Perangkat Lunak:
Suatu perusahaan bernama welocalize.com, adalah perusahaan penyedia solusi sistem globalisasi, mendapatkan kontribusi penjualan melalui strategi SEO dan mendapatkan klien dari perusahaan-perusahaan besar berbasis multinasional walaupun hanya memiliki tim penjualan yang terbatas namun didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Bahkan beberapa kontrak bisnisnya bernilai enam angka dalam satuan dolar amerika. Proyeknya berupa pengintegrasian situs-situs web, intranet dan ekstranet demi kemudahan para staf, klien dan mitra bisnis di seluruh dunia.

Perusahaan Penyedia Solusi Konferensi:
Karena putus asa dengan kampanye iklan banner-nya, perusahaan ini memutuskan untuk merealokasikan seluruh anggaran pemasaran online-nya dengan strategi SEO, dengan menggunakan sebuah perusahaan yang memang pakar di bidang SEO, yang bernama Webster Group International.
Alhasil dari strategi tersebut adalah peningkatan penjualan hingga 500 persen dalam waktu 18 bulan. Dan saat itu tidak ada strategi pemasaran lain yang digunakan.

Strategi SEO yang dilakukan perusahaan ini termasuk meluncurkan banyak situs penjualan yang kemudian dioptimisasi untuk situs pencari. Hal ini memang sangat bermanfaat, mengapa? Karena beberapa direktori web hanya akan memasukkan halaman utamanya saja.

Dengan lebih dari satu produk yang dijual, kemudian membuat banyak situs web untuk masing-masing produk merupakan strategi yang bagus untuk meningkatkan visibilitas di Internet demi meningkatkan penjualan.

Perusahaan Eceran yang Menjual Asesoris Kamera: Perusahan ini bernama DCProDirect berhasil menaikkan pendapatannya hingga 24 persen dalam waktu enam bulan melalui SEO, menggunakan pelayanan yang disebut Inceptor, demikian kata Marketing Sherpa "suatu perusahaan teknologi yang spesialisasi dalam membantu perusahan-perusahaan eceran memasukkan ribuan dari Stock Keeping Units-nya agar terdaftar di situs pencari."

Tantangannya adalah bagaimana melakukan ekspansi pemasaranb ke dunia internet tanpa meningkatkan biaya untuk mengkonversi prospek menjadi kastemer.

Kemudian perusahaan ini membandingkan tiga strategi pemasaran online, yaitu: Iklan banner, direct mail dan SEO.

Sebelum melakukan SEO, data pada log file menunjukkan hanya 4 persen dari para pengunjung berasal dari situs pencari yang akhirnya hanya memberikan kontribusi penjualan kurang dari 1 persen. Kemudian dalam waktu enam bulan setelah melakukan SEO, 24 persen dari penjualan online DCProDirect berasal dari para pengunjung yang datang dari situs pencari.

Berdasarkan perbandingan tiga media promosi yaitu iklan banner, direct mail dan SEO, perusahaan tersebut mendapati bahwa SEO memberikan rasio penjualan lebih tinggi secara dramatis

SEO merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif, namun jangan main percaya saja dengan kata-kata saya. ANA (Association of National Advertisers) melaporkan di bulan Oktober tahun 2001 bahwa 79 persen dari kebanyakan perusahaan-perusahaan besar di Amerika menggunakan Internet sebagai media promosi, dan 75 persen darinya menggunakan strategi pemasaran SEO.

SEO - Strategi Pemasaran yang Tepat bagi Bisnis Anda.
SEO adalah perpaduan antara seni dan sains. Dan ini membutuhkan kegigihan dan ketekunan, karena melakukan SEO itu cukup kompleks dan menghabiskan waktu, karena itu buku ini dan pasal demi pasal membantu Anda untuk memahami dan membantu Anda dalam memasukkan SEO menjadi bagian dari "marketing mix" di perusahaan Anda.

Ingat! Kalau Anda tidak memanfaatkan sarana ini, kompetitor bisnis Anda akan mendahuluinya.

No comments: